Minggu, 12 Desember 2010

Kantin Kejujuran hindari korupsi sejak dini

Liputan6.com, Bone: Melatih kejujuran memang baiknya dijalankan sejak usia dini. Sebab, dalam hidup, kejujuran perlu dikedepankan. Pasalnya, tanpa didasari kejujuran, pasti memunculkan suatu permasalahan. Hal itu seperti dicanangkan di Sekolah Dasar Negri Inpres 12/79 Macanang, Bone, Sulawesi Selatan, yang mengajarkan anak didiknya bersikap jujur dengan membuka kantin kejujuran.

Dengan dibuatnya kantin kejujuran di SDN Inpres tersebut, para guru berharap mereka kelak tidak menjadi generasi korupsi. Maklum, sudah menjadi rahasia umum, banyak terjadi kasus korupsi dan para pejabat dipenjara karena rasa kejujuran mereka sudah terkikis.

Sementara itu, kondisi kantin kejujuran tersebut adalah para siswa dibiarkan mengambil makanan sendiri dan membayar pada tempat yang telah disediakan tanpa ada yang mengawasi mereka dan mengambil uang kembaliannya serta tempat penukaran uang. Dengan demikian, kejujuran serta kepercayaan pada diri mereka bisa tertanam. Sebab, para siswa bisa saling mengawasi dan menanamkan rasa malu untuk berbuat bohong. Tak ketinggalan, secara tak langsung mental serta perilaku jujur para siswa terlatih.(BJK/ANS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar